TIPS MEMBUAT BALOK DUDUKAN PANEL LANTAI

Gambar Balok Dudukan PAnel

panel lantai, harga panel lantaiBeton adalah batu buatan yang terdiri dari semen, pasir dan kerikil/split dengan perbandingan tertentu yang bila diaduk dan dicampur dengan air kemudian dimasukan ke dalam suatu cetakan akan mengikat, mengering, dan mengeras dengan baik setelah beberapa lama, Sementara beton bertulang adalah batu buatan yang di dalamnya diberi tulangan-tulangan berupa besi atau baja.

Tips memelih Tulangan Besi pada konstruksi Balok Beton Sebagai dudukan panel lantai

Kenapa harus di beri tulangan?, Bahan beton dan baja atau besi satu sama lain saling mengikat sehingga merupakan satu kekuatan untuk menahan beban-beban yang bekerja pada beton bertulang tersebut, terutama untuk menahan gaya tarik atau menahan kelenturan. Bila beton tidak diberi tulangan atau hanya beton saja maka beton tersebut tidak akan kuat menahan beban tarik. Ini disebabkan sifat beton yang kuat terhadap gaya tekan, tetapi lemah terhadap gaya tarik atau kelenturan. Sementara sifat baja atau besi adalah kuat terhadap garik tarik maupun gaya tekan.

Dalam perdagangan besi di took-toko bahan bangunan atau material terdapat bermacam-macam istilah untuk pembesian (tulangan) beton, diantaranya ialah KS (Krakatau Steel), besi full, besi banci, dan sebagainya.

Besi KS adalah besi dengan diameter utuh dan panjang standar. Missal besi KS diameter 12 mm, bila diukur dengan menggunakan alat ukur sigmat (mistar sorong yang merupakan alat ukur ketebalan) maka akan diperoleh diameter 12 mm dan panjang 12 m (panjang standar) sehingga tidak kurang atau sama dengan yang disebutkan.

Besi full adalah besi dengan diameter penuh sesuai ukuran diameter dan panjang itu sendiri. Misalnya besi diameter 12 mm tetap memiliki ketebalan 12 mm, tetapi panjangnya terkadang ada yang kurang dafri standar 12 m (umumnya hanya 11.5 m).

Besi banci adalah besi yang tidak sesuai dengan ukuran diameter dan panjangnya itu sendiri. Misalnya besi diameter 12 mm bila kita ukur dengan alat ukur sigmat hanya diperoleh diameter 11 mm atau bahkan 10.5 mm, sedanglan panjangnyapun hanya 11 m.

Oleh karena dipasaran terdapat beragam macam besi   maka untuk keperluan komstruksi sebaiknya menggunakan besi KS atau full. Memang besi banci harganya murah, tetapi kekuatan atau kekokohannya pada konstruksi akan berkurang sehingga dikhawatirkan lama kelamaan konstruksi betonya bias runtuh. Besi banci bias digunakan untuk konstruksi non structural (tidak menahan beban) seperti untuk kolom praktis (kolom sebagai pengikat pasangan bata ringan ataun bata biasa) dan lisplank.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *