PEMBALOKAN UNTUK PANEL LANTAI AAC

panel lantai, harga panel lantai

panel lantai

Rencana struktur sebaiknya sudah harus ada pada saat pembuatan denah lantai pertama. Perencanaan ruangan-ruangan diatas panel lantai AAC (hebel, Citicon, Leibel dan GE) harus  di kompromikan dengan ruangan-ruangan dalam lantai satu, begitu pula sebaliknya. Perencanaan ini merupakan suatu proses merajut denah agar terbentuk banyak kesegarisan antara sisi dinding ruangan-rungan di lantai 1 dan ruangan-rungan di lantai dua yang menggunakan panel lantai AAC. Di karenakan di setiap panel lantai AAC yang diatasnya terdapat dinding harus ada balok struktur di bawah panel lantai AAC.

Perencanaan dan perancangan ruangan-ruangan dalam sebaiknya menghindari penambahan balok anak dan pemotongan panel lantai AAC, oleh karena itu sebisa mungkin jarak antara balok disesuaikan dengan type panjang standard panel lantai AAC, yaitu mulai dari 1.5 m, 1.75 m, 2 m, 2.25 m, 2.5 m, 2.75 m, 3 m terakhir panjang maksimal 3.25 m. dan ukuran tebal standard panel 12,5 cm dan lebar 60 cm.

Lebar balok beton yang di gunakan sebagai dudukan panel lantai AAC lebar minimum adalah 15 cm (untuk balok yang menopang kiri dan kanan panel), untuk perhitungan dimensi perolehan angka pendekatan dalam estimasi ketinggian beton upper structure dapat di gunakan rumus praktis sebagai berikut (walaupun sebaiknya melalui perhitungan struktur secara detail) :

Tinggi Balok (H)  = 1/12 bentang ruang  atau 1/12 L

Lihat Ilustrasi di bawah

Gambar Balok Dudukan PAnel

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *