CARA PASANG PANEL LANTAI

Langkah 1.

Lakukan pengukuran awal untuk mengecek kembali as ke as struktur balok antara actual lapangan terhadap shop drawing-nya agar arah rencana pemasangan tidak mengalami kekeliruan.

Langkah 2.
Buat garis bantu pada permukaan balok yang akan dipasang panel lantai untuk menghindari kesalahan meletakkan panel lantai terkait dengan lebar tumpuan minimum panel lantai pada balok struktur tersebut. Garis ini juga berfungsi untuk menjaga kelurusan saat meletakkan panel.

b-01

Langkah 3.

Angkat panel lantai pertama menggunakan Hoist atau takel (diangkat dengan tali secara manual). Panel lantai harus diletakan tepat pada garis yang sudah dibuat, lihat gambar. Diperlukan 2 orang atau lebih untuk meyesuaikan perletakan panel pada tanda garis. Buatlah bantuan injakan dari balok kayu yang dipasang melintang untuk memudahkan pekerja meletakkan/menyesuaikan panel tersebut.

IMG_20140223_091443

lifting material Panel lantai dengan menggunakan electric hoist

Langkah 4.

Tandai dengan pensil pada setiap sisi panel lantai pertama. Tujuannya adalah mengecek posisi panel lantai pertama tidak bergeser dari garis yang telah dibuat pada saat panel lantai berikutnya dipasang.

b-03

Langkah 5.

Kemudian panel lantai berikutnya dipasang rapat-rapat terhadap panel sebelumnya mengikuti garis marking yang telah dibuat.

b-04

Langkah 6.

Setelah Panel Lantai digelar dan menutup seluruh area rencana, isi setiap celah sambungan dengan adonan Thinbed (semen pelekat bata ringan), sampai permukaan dasarnya sehingga setiap celah rapat panel benar-benar tertutup,  dan keliling bagian tepi / sisi panel yang duduk di area balok. hal ini berfungsi  agar mengurangi resiko bocor/reumbeus berlebihan jika terjadi hujan pada celah sambungan dan melekatkan antar sambungan panel lantai.

detail grouting pada sambungan

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Proses pengisian celah dan pelekatan antar sambungan panel lantai dengan Thinbed mortar.

Langkah 7.

Pasang angkur φ12mm dengan cara di bor lalu digrouting atau dipasang bersamaan dengan pengecoran grouting balok setiap jarak 60cm (tepat pada setiap pertemuan antar panel).

b-05

Langkah 8.

Pasang besi share conector (φ 10 mm yang telah disiapkan) setiap pertemuan antar panel dan kaitan dengan angkur φ12mm kemudian ikat dengan kawat atau di las. Sedangkan untuk bagian tepi yang bebas pasang 2 batang besi tulangan.

b-06Langkah 9.

Pasang bekisting setinggi 12.5 cm (setinggi panel lantai) mengeliling bagian tepi bebas struktur balok. Bersihkan celah-celah antar panel lantai dari kotoran seperti sisa-sisa potongan bekisting, kertas, plastik ataupun kotoran lainnya.

b-07Langkah 10.

Lakukan pengecoran/grouting dengan menggunakan PM-600⊕, star M850 atau setara pada setiap pertemuan panel dan seluruh bagian tepinya.

Langkah 11 .

Panel lantai terpasang dengan baik – SELESAI

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

panel lantai terpasang

 

 

 

 

 

Be Sociable, Share!